Skip to main content

Hakekat Diri Sebagai Makhluk Ciptaan Allah SWT, Individu, dan Makhluk Sosial.


<data: post.body/>
a.       Makhluk ciptaan Allah SWT
Ø  Kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT berarti kita diciptakan oleh Dzat yang Maha Mencipta yaitu Allah SWT untuk tujuan tertentu. Kita sebagai makhluk ciptaan Allah SWT mempunyai kewajiban untuk senantiasa beribadah kepadanya dan menjauhi segala larangannya. Seperti yang telah Allah firmankan dalam salah satu surah di Al-Quran yaitu surat (QS Adz Dzariyat: 56)
 وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Yang artinya "Tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku." Surat di atas sangat jelas bahwa manusia dan jin diciptakan oleh Allah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT.
Disamping kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepadanya kita juga diberi tugas untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Hal ini telah Allah SWT jelaskan dalam surat Al Baqoroh ayat 30, yang artinya “Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat:”Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata:”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau”. Rabb berfirman:’Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. Yang dimaksud khalifah disini adalah pemimpin. Kita harus mampu memimpin diri kita sendiri dan juga orang lain ke jalan kebaikan, dengan kata lain kita diciptakan di dunia ini selain untuk beribadah kepada Allah SWT juga mengemban tugas untuk menyerukan kepada jalan kebaikan.
Ø  Hal yang telah saya lakukan sebagai makhluk ciptaan Allah SWT adalah sebagai berikut:
o   Meyakini dengan sepenuh hati bahwa tiada Tuhan yang haq disembah kecuali Allah.
o   Mengerjakan sholat lima waktu.
o   Berpuasa baik puasa wajib di bulan Ramadhan maupun puasa sunnah.
o   Amal/sodakhoh dan memberi sedekah kepada pengemis
o   Mempelajari dan mengamalkan Alquran dan Al Hadits
o   Mengajak teman-teman untuk melakukan kebaikan, misal sholat, kerja bakti dan lain-lain.
o   Selalu berupaya dengan sekuat hati untuk menjauhi larangan-Nya.
a.       Sebagai Makhluk Individu.
Ø  Kita sebagai makhluk individu berarti memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Karakteristik inilah yang menjadi pembeda dengan individu lain, meskipun mereka kembar secara jasmaniah.
Ø  Hal yang telah saya lakukan sebagai makhluk individu adalah sebagai berikut:
o   Saya makan tiga kali sehari untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga dan imunitas tubuh.
o   Saya olahraga seminggu sekali untuk menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani saya.
o   Saya belajar dan kuliah untuk masa depan saya yang lebih baik.
o   Saya membeli pakaian untuk memenuhi kebutuhan jasmaniah saya agar tetap sehat dan estetis.
b.      Sebagai Makhluk Sosial
Ø  Manusia sebagai makhluk sosial yaitu bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya pasti membutuhkan bantuan orang lain. Untuk memnuhi kebutuhan hidupnya, manusia tentu harus berinteraksi dengan manusia lain. Interaksi ini akan terus berlangsung dan berulang sehingga membentuk sistem kemasyarakatan dimana manusia akan saling tergantung kepada manusia lain. Manusia sebagai makhluk indivisu juga karena beberapa faktor yaitu manusia tunduk pada aturan, norma sosial, perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain, manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain, potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.
Ø  Hal yang telah saya lakukan sebagai makhluk sosial adalah sebagai berikut:
o   Bergotong royong dalam kerja bakti desa.
o   Membantu tetangga yang mengalami musibah.
o   Ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial di masyarakat terutama di desa saya.
o   Meminta bantuan kepada orang lain dikala kita tidak mampu mengatasi masalah kita secara sendirian.
<data: post.body/>




Comments

Popular posts from this blog

Geography Teacher

Geography Teacher In Practicing Geography Lesson Learning to Foster Love Attitude of the Homeland and Care for the Environment <data: post.body /> a. Growing Love Attitude of the Fatherland Love the homeland can be grown developed in the learning of geography through the role of a teacher that is in the following way: • Teachers can show areas that belong to the country of Indonesia either through maps, globe or satellite imagery so that students will know which areas are included in our country (NKRI) so that if there is a secret seizure of the region eg shifting the country border benchmarks, then we will be able to find out. This shows in addition to the role of geography as a giver of regional knowledge of the country also contribute in maintaining the territorial integrity of the Unitary State of the Republic of Indonesia. • Teachers can show the distribution of natural resources in Indonesia, then the teacher asks the students about how to cultivate the potential ...

Influence Climate change on the environment

<data: post.body />    Climate change is the change of temperature, air pressure, wind, rainfall, and humidity as a result of global warming. Due to the greenhouse gas effect, the greenhouse gases will continue long-wave radiation that is hot, so the surface temperature of the earth will rise and become hotter where the rate of increase of heat is directly proportional to the rate of change of greenhouse gas concentration. with the rate of change in greenhouse gas concentrations.       If there is a rise in global average temperature of 1.5-2.5oC, the possibility of extinction will occur 20-30 species of flora and fauna. The level of ocean acidity will increase with increasing CO2 in the atmosphere. This will have a negative impact on marine organisms such as coral reefs and organisms that depend on coral reefs. Coastal areas will be increasingly vulnerable to coastal erosion and sea level rise will occur. The average flow of river water...

Meaningful Learning Process

<data: post.body /> <script data-ad-client="ca-pub-2283241520599098" async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>     Meaningful learning is a learning process whereby new information is linked to the structures of understanding that a person already in the process of learning is having. Learning takes place when students try to connect new phenomena into their knowledge structures. That is, the lesson material must match the student's abilities and must be relevant to the cognitive structure of the student. Therefore, the lesson should be related to the concepts that students already have, so that the new concepts are completely absorbed by it. Thus, students' emotional intellectual factors are involved in learning activities.      Meaningful learning is a fun lesson that will have the advantage of reaping all the information intact so that the final consequence improves the student's ...